Tuesday, September 12, 2017

7 Fakta Etnis Rohingya yang Perlu Anda Ketahui!

Siapakah etnis Rohingya itu? Kenapa keberadaan mereka saat ini sangat menjadi perhatian dunia? Berikut beberapa fakta mengenai etnis Rohingya
Image result for rohingya
Source : kbknews.id
1. Kaum muslim Rohingya adalah kaum pedagang asal Arab yang telah bermukim di wilayah Rakhine (perbatasan Negara Bangladesh dan Myanmar). Sementara itu tidak ada catatan sejarah mengenai konflik antara muslim Rohingya dengan umat Budha setempat di awal kedatangan.
2. Tahun 1785, Kerajaan Burma (Myanmar) sudah melakukan invasi militer hingga mampu menduduki Rakhine. Dan dari sinilah etnis Rohingya mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan. Lebih parah lagi pemerintah Myanmar pun sama sekali tidak mengakui adanya etnis Rohingya.
3. Pada tahun 1826 etnis Rohingya dipindahkan ke Burma demi membantu sektor pertanian setempat. Dan ini terjadi pada masa pendudukan Inggris di wilayah tersebut.
4. Istilah Rohingya muncul sekitar tahun 1950an, 2 tahun pasca Myanmar merdeka tahun 1948. Asal kata Rohingya ialah “Rohang” yang merupakan sebutan bagi orang-orang Rohingya untuk kata “Arakan.” Kata itu disambung sama kata “Gya” yang artinya “dari.” Jadi, kata “Rohingya” tuh bisa diartiin sebagai “orang-orang Arakan.”
5. Rohingya sempat mengumumkan negara mereka sendiri, namun masalahnya tidak ada satupun negara yang mengakui kedaulatan negara mereka. Ini terjadi pasca perang dunia ke II.
6. Awal mula kekerasan terhadap etnis Rohingya bermula pada tahun 2012 ketika adanya pemberitaan jika ada sekelompok pria Rohingya memperkosa perempuan etnis mayoritas, karena masalah ini konflik pun pecah dan berkepanjangan hingga sekarang ini. Dan tahun 2015, izin tinggal Rohingya dicabut oleh pemerintah Myanmar. Akhirnya etnis muslim Rohingya pun harus hidup berpindah-pindah dan kesusahan.
7.  Etnis Rohingya semakin memperoleh kesulitan ketika minimnya penyediaan fasilitas yang memadai di wilayah mereka bermukim. Etnis Rohingya juga dilarang untuk bersekolah, mencari kerja, menikah, bahkan mereka tidak mendapat hak-hak kemanusiaan lainya. Oleh karena itu, wilayah Rakhine termasuk area paling miskin yang ada di Myanmar.

Itulah sebagian fakta penting mengenai etnis Rohingya, semoga menambah wawasan anda yang membaca ya.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Negara Bagian Rakhine, Myanmar (Burma)

0 comments: